Upaya Digitalisasi Perpustakaan, MAN 1 Padangsidimpuan Studi Banding Ke IAIN Padangsidimpuan

Padangsidimpuan-

Upaya untuk membangun system digital pengelolaan Perpustakaan MAN 1 Padangsidimpuan melksanakan kunjungan studi banding ke perpustakaan IAIN Padangsidimpuan mulai 26 s/d 28 Juli 2021. Studi banding tersebut dilaksanakan untuk mematangkan pengelolaan system SLiMS (Senayan Library Management System) yang sejak Tahun 2015 sudah diterapkan di IAIN Padangsidimpuan.

Kepala MAN 1 Padangsidimpuan Dra. Jumahana yang diwakili oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Akademik. Rahmat Lubis, S. Pd.I, M. Pd.I dalam sambutannya mengatakan pengelolaan perpustakaan di era revolusi 4.0 mengharuskan semua pengelolaan berbentuk aplikasi. Sehingga pengelolaan sistem perpustakaan lebih fleksibel dan modern. Apalagi perpustakaan memiliki peran vital dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut WKM Kesiswaan Marataon Hasibuan, S. Pd dan WKM Sarpras. Leman Pohan, S. Ag.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan MAN 1 Padangsidimpuan Safril Halim Pohan, S. Pd.I  menyampaikan adapun tujuan diadakannya studi banding ini yaitu didasari atas keinginan untuk melakukan pembaruan ilmu mengenai pengelolaan perpustakaan dari  manual menjadi terotomasi. berharap materi yang didapatkan dalam kegiatan studi banding tersebut dapat segera terealisasi. Tentu dengan dukungan dari semua steakholders MAN 1 Padangsidimpuan.

Yusri Fahmi, S.Ag., S.S., M.Hum Selaku Kepala Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan. Dalam sambutannya beliau mengatakan selamat datang kepada tim dari MAN 1 Padangsidimpuan, dan siap membantu baik secara teknis mulai dari install aplikasi SLIMS sampai dengan pemanfaatan aplikasi tersebut jika diperlukan. Kemudian dilanjutkan dengan memperkanalkan layanan yang ada di Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan seperti OPAC, aplikasi buku elektronik berbasisi android dan lainnya. “Pada saat pandemi,  layanan di perpustakaan IAIN Padangsidimpuan berfokus pada layanan digital yang dapat diakses melalui web perpustakaan, dan harapannya nanti kepada Bapak/Ibu dari MAN 1 untuk dapat menyampaikan tujuan dari studi banding ini, agar kami dapat memberi bantuan secara maksimal, jika perlu saat realisasinya nanti kami akan datang ke MAN 1 Padangsidimpuan ”.